Beranda » Indonesia » 10 Air terjun tertinggi di indonesia.

Indonesia punya berbagai tempat wisata yang eksotis, salah satunya adalah Air Terjun. Kali ini Hermon Tour & travel akan berbagi info tentang Air Terjun Tertinggi yang berada di Indonesia.

Air terjun menjadi salah satu destinasi wisata favorit liburan. Pesona yang ditawarkan oleh tercurahnya hamparan air dari ketinggian merupakan pemandangan yang sangat mengagumkan dan tentunya menyegarkan tubuh.

Ada banyak lokasi wisata air terjun diindonesia ini, namun 10 tertinggi di antaranya sudah kami rangkum di bawah ini :

1. Air Terjun Sarambu Marintang ( >500 meter)

Terletak sekitar 25 km dari kota makale ibukota kabupaten tanatoraja. air terjun sarambu marintang ini merupakan destinasi wisata baru buat masyarakat toraja yang sangat ramai dikujungi oleh wisatawan domestik bahkan mancanegara. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai > 500 meter.

Keunikan air terjun ini yaitu memiliki 7 tingkatan, sehingga dikalangan masyarakat Toraja air terjun ini sering di juluki sebagai air terjun 7 tingkat. Keindahan pemandangan di sekitar air terjun akan segera menghipnotis kamu untuk berlama-lama menikmati kesegaran airnya. jika berada dipuncak air terjun anda akan disuguhkan dengan pemadangan pegunungan yang sangat indah.


2. Air terjun Sigura gura (250 meter)

Terletak sekitar 250 km dari kota Medan. Air terjun yang dihasilkan oleh sungai Asahan yang berasal dari Danau Toba ini memiliki ketinggian 250 meter. Air Terjun Sigura-gura menjadi salah satu objek wisata alam unggulan bagi masyarakat Provinsi Sumatera Utara, khususnya masyarakat Kabupaten Toba Samosir. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 250 meter.

Ketinggian air terjun ini me ngalahkan ketinggian Air Terjun Madakaripura (200 meter) dan Air Terjun Payukumbuh (150 meter). Dari kejauhan, Air Terjun Sigura-gura akan terlihat seperti air terjun raksasa. Bahkan dari kejauhan pun, suara dentuman airnya akan terdengar dengan jelas. Air Terjun Sigura-gura memang mengalir dengan debit yang sangat deras.

Di danau Sigura gura ini kalian akan merasakan udara yang sejuk karena banyaknya pepohonan rindang yang mengelilingi Air Terjun Sigura-gura. kawasan Sigura-Gura merupakan wilayah yang dilalui Pegunungan Bukit Barisan. Pegunungan Bukit Barisan adalah rangkaian gunung yang membentang dari ujung utara di Provinsi Aceh sampai ujung selatan di Provinsi Lampung pulau Sumatera

 

3. Air Terjun Madakaripura (200 meter)

Air Terjun Madakaripura terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo merupakan salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini dikenal sebagai tempat pertapaan Mahapatih Gajah Mada sebelum mengabdi di kerajaan Majapahit. Air terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Keindahan objek wisata Madakaripura memang tidak dapat dipungkiri, berada jauh didalam pegunungan membuat tempat ini senantiasa asri dan natural. Hal itu sudah nampak ketika kita berada dalam perjalanan menuju destinasi ini. Dikanan kiri terlihat pemandangan luar biasa alam pegunungan dengan hawa lembab juga dingin serta hijaunya daun-daun dari pepohonan khas dengan aroma khas pegunungan.

 

4. Air terjun Payakumbuh di Ngarai Harau (150 meter)

Terletak di kecamatan Ngarai Harau, 35 km dari kota Bukittinggi. Di sela-sela perbukitan dan lembah harau terdapat sebuah jurang yang dalamnya terdapat sebuah air terjun yang sangat indah, bahkan kadang dipenuhi oleh sekumpulan kupu-kupu yang beterbangan, sehingga membuat air terjun ini merupakan kombinasi alam natural dengan pemandangan yang sangat indah.

Air Terjun Lubuak Bulan ini juga mempunyai perbedaan jika dibandingkan dengan air terjun lainnya. Kalau biasanya terdapat aliran sungai di bawah air terjun, maka lain halnya dengan kondisi di tempat ini. Air yang jatuh ke kolam berbentuk bulan sabit ternyata langsung menghilang.

 

5. Air terjun Sipiso piso (120 meter)

Air terjun Sipisopiso adalah air terjun terjun yang terletak di dataran tinggi Sumatra Utara. Dengan ketinggian 120 meter, terletak sekitar 25 km dari kota Kabanjahe. Air terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian sekitar 800 mdpl dan dikelilingi oleh hamparan hutan pinus. Pengelolaan wisata air terjun ini dipegang oleh Pemda Kabupaten Karo. Dengan memiliki ketinggian sekitar 120 meter, Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Dengan adanya air terjun ini, Kabupaten Karo menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh para wisatawan domestik dan mancanegara.

 

6. Air terjun Jarakan (115 meter)

Air Terjun Jarakan terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan. Air Terjun Jarakan ini sebagai bagian dari kawasan objek wisata air terjun yang dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Magetan. Air terjun ini merupakan Rangkaian dari 3 air terjun air terjun yang berada pada satu aliran sungai ini terdiri dari Air Terjun Watu Ondo, Air Terjun Jarakan dan Air Terjun Pundak Kiwo.

 

7. Air Terjun Sedudo (105 meter)

Air Terjun Sedudo terletak di Ngliman, kecamatan Sawahan. sekitar 30 km dari ibukota Nganjuk. Selain sebagai objek wisata, air terjun ini sering dijadikan tempat pelaksanaan Upacara Tradisional dan spiritual oleh masyarakat dan Pemerintah setempat. Hal ini semakin menambah daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

 

8. Air terjun Curug Citambur (100 meter)

Air terjun Citambur, sebuah air terjun yang tingginya sekitar 100 meter di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur Selatan, Jawa Barat. Dikelilingi oleh hutan alami dengan pemandangan yang sangat indah menjadikan air terjun ini merupakan objek wisata yang eksotis.

Curug berasal dari bahasa sunda yang artinya air terjun. Sedangkan Citambur berasal dari dua kata, “Ci” yang berarti air, dan “Tambur” atau alat musik tambur. Kedua versi cerita ini terdapat suatu benang merah, bahwa Curug Citambur ini dinamai karena berhubungan dengan alat musik tambur yang mirip dengan kendang.

 

9. Air terjun Moramo (100 meter)

Terletak 65 km di sebelah timur Kendari, Air Terjun Moramo mudah diakses oleh mobil atau dengan perahu. Keunikan dari air terjun ini yakni memiliki tingkatan sebanyak 127 tingkatan setinggi 100 meter sepanjang 2 km diperbukitan dataran tinggi Sulawesi Tenggara. Dan dikelilingi oleh hutan alami yang menjadi tempat habitat asli Sulawesi Tenggara.

10. Air Terjun Curup Tenang (99 meter)

Air terjun Curup Tenang adalah air terjun tertinggi di Sumatera Selatan, yang terletak didekat desa Bedegung, Kabupaten Tanjung Agung, sekitar 56 kilometer Selatan Kabupaten Muara Enim. Curup Tenang atau Air Terjun Bedegung Ini merupakan air terjun tertinggi di Sumatera Selatan. Air terjun setinggi 99 meter ini bersumber dari mata air yang tak pernah kering di celah bukit barisan dan ke bawah membentuk sebuah sungai kecil yang deras dan berbatu.

buat kamu pecinta air terjun, air terjun mana yang belum pernah kamu kunjungi? Hermon tour siap membantu kamu untuk merencanakan liburan kamu selanjutnya.

kamu bisa cari hotel murah di berbagai daerah disini atau mencari paket tour murah disini.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.